materi kuliah biologi, biologi kesehatan, biologi sel, karakteristik mahluk hidup, klasifikasi mahluk hidup, plantae, animalia dan kerugian dan keuntungan biologi bagi kehidupan

Friday, 13 January 2017

Struktur Dan Fungsi Sel

Struktur Dan Fungsi Sel, Sel merupakan unit terkecil dari kehidupan, kesatuan struktural dan fungsional kehidupan manusia dan penyusun yang mendasar bagi tubuh makhluk hidup. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel sehingga sel dapat berfungsi sebagai autonom asalkan semua kehidupan terpenuhi. Susunan sel ada 2 yaitu uniseluler (satu sel) misalnya bakteri dan multiseluler (banyak sel) misalnya manusia, tumbuhan dan hewan. Sel berasal dari bahasa latin “cellulae” yang artinya kamar-kamar kosong. Sel pertama kali dikenalkan oleh Robert Hooke pada tahun 1665 yang mengamati jaringan gabus pada tumbuhan menggunakan lensa pembesar. Gabus merupakan bangunan yang berlubang-lubang kecil seperti susunan sarang lebah yang dipisahkan oleh diafragma.


Struktur Dan Fungsi Sel
Struktur Dan Fungsi Sel

Beberapa peneliti yang mempelajari sel setelah Robert Hooke adalah sebagai berikut:
1.Felix Dujardin (Prancis,1835) menemukan bahwa banyak  mikroorganisme yang tersusun atas satu sel saja.
2. Matthias Schleiden dan Theodore Schwann ( Jerman,1838) menemukan bahwa sel adalah komponen dasar dari seluruh makhluk hidup.
3. Rudolf  Virchow ( Jerman,1858) menemukan bahwa setiap sel berasal dari sel sebelumnya.
Sel tumbuhan: bagian terkecil dari setiap organ tumbuhan. Beberapa organel dalam sel-sel tumbuhan:
1. Membran sel (membran plasma) merupakan lapisan terluar berupa selaput yang di dalamnya berisi materi yang jernih dan merupakan alat transportasi bagi sel yaitu tempat masuk dan keluarnya zat-zat yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan sel.
Fungsi membran sel:
- membungkus dan melindungi isi sel.
- penghubung transfer energi antara dalam sel dan luar sel.
- pengatur gerakan materi dari dalam sel atau luar.

2. Retikulum Endoplasma merupakan organel yang terdiri atas membran-membran yang tersusun pararel. Retikulum Endoplasma terdiri dari 2 jenis yaitu RE kasar adalah RE yang permukaannya ditempeli oleh ribosom. RE halus adalah RE yang permukaannya tidak ditempeli oleh ribosom.
Fungsi Retikulum Endoplasma:
- membentuk jaringan citocavitari (sistem sirkulasi intra seluler).
- menyediakan enzim disepanjang RE.
- berperan dalam transportasi berbagai zat.
- berperan dalam pembentukan fosfolipid, kolesterol, dan karbohidrat

3. Badan Golgi merupakan organel yang dikitkan dengan fungsi ekskresi sel, dan strukturnya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa.
Fungsi Badan Golgi:
- sintesis dan pemeliharaan dinding sel.
- memproses protein-protein yang telah disintesis oleh ribosom dari retikulum endoplasma.
- mensintesis polisakarida tertentu dan glikolipid.
- memperbanyak elemen membran yang baru bagi membran plasma.

4. Mitokondria merupakan tempat terjadinya proses respirasi seluler yang mengubah energi kimia dari makanan menjadi energi kimia dan molekul pembakar seluler yang disebut ATP.
Fungsi Mitokondria:
- pembuat dan pemberi energi bagi sel.

5. Nukleus merupakan bagian terpenting bagi kehidupan sel sebab
nukleus mengendalikan seluruh aktivitas sel.
Fungsi Nukleus:
- menjaga integritas gen-gen dan mengontrol aktivitas sel.
- tempat sintesis ribosom.
- mengorganisasikan gen saat terjadi pembelahan.
Inti Sel memiliki bagian-bagian di dalamnya, seperti berikut:
a. Nukleoplasma merupakan suatu cairan kental yang berbentuk jeli. Funsinya untuk sintesis protein.
b. Nukleolus merupakan suatu struktur berbentuuk bulat yang tersusun atas filamen-filamen dan butiran-butiran. Fungsinya yaitu berperan dalam penbentukan ribosom.
c. Kromatin merupakan struktur berupa benang-benang halus yang mengandung DNA. Funsinya menghubungkan sitoplasma dan nukleoplasma.

6. Mikrotubulus merupakan serabut penyusu rangka sel (sitoskeleton) yang terbesar. Fungsi mempertahankan bentuk sel, pergerakan kromosom dalam pembelahan sel.

7. Mikrofilamen merupakan penyusun sitoskeleton yang berupa rantai ganda protein yang saling bertaut. Fungsi mengatur arah aliran sitoplasma.

8. Filamen intermediate merupakan serabut penyusun sitoskeleton
berupa rantai molekul protein yang berbentuk untaian yang saling melilit. Fungsi mempertahankan bentuk sel dan pembentukan lamina sel.

9. Dinding sel merupakan suatu struktur yang sangat kompleks. Dinding sel   terdiri daripada selulosa yang kuat dan dapat memberikan sokongan dan perlindungan. Fungsi pelindung sitoplasma dan membran sitoplasma.

10. Plastida merupakan organel sel yang menghasilkan warna pada sel tubuhan. Fungsi menangkap energi cahaya untuk menghasilkan gula.
Ada 3 macam plastida yaitu
- leukoplast: plastida yang berbentuk amilum. Fungsi menghasilkan lemak, protein, amilum.
- kloroplast: plastida yang umumnya berwarna hijau. Fungsi tempat berlangsungnya fotosintesis.
kromoplast: plastida yang banyak mengandung karoten. Fungsi  membantu proses fotosintesis.

11. Vakuola merupakan ruang dalam sel yang berisi cairan. Fungsi menyimpan asam amino, memelihara tekanan osmotik sel, mengadakan sirkulasi zat dalam sel.

12. Badan mikro (peroksisom) merupakan ruang metabolisme khusus yang dilingkupi oleh membran tunggal. Fungsi tempat fotorespirasi asam glikolat.


13. Plasmodesmata merupakan saluran terbuka pada dinding sel tumbuhan untuk komunikasi dan transportasi bahan-bahan antara sel-sel tumbuhan. Fungsi menghubungkan ruang sitoplasmik dengan salurankhusus yang memungkinkan pergerakan antar air.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Struktur Dan Fungsi Sel

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Loading...
Loading...