materi kuliah biologi, biologi kesehatan, biologi sel, karakteristik mahluk hidup, klasifikasi mahluk hidup, plantae, animalia dan kerugian dan keuntungan biologi bagi kehidupan

Thursday, 19 January 2017

Asal Usul Kehidupan : Teori Abiogenesis Vs Biogenesis

Asal Usul Kehidupan : Teori Abiogenesis Vs Biogenesis, Perkembangan zaman menjadikan makhluk hidup khususnya manusia telah banyak mempelajari bahkan melakukan penelitian dan pengembangan (research and development) terhadap alam kehidupan ini. Hal ini dilakukan karena banyak faktor, yang kemudian mendapatkan masalah dan perbedaan pendapat mengenai sesuatu yang ditelitinya terutama mengenai asal usul kehidupan. Kajian ini diuraikan melalui beberapa peneliti dengan berbagai teorinya, yang kemudian diikutsertakan beberapa bantahan dengan analisis yang bersifat ilmiah.


Asal Usul Kehidupan : Teori Abiogenesis Vs Biogenesis
Asal Usul Kehidupan : Teori Abiogenesis Vs Biogenesis

 A. Asal Usul Kehidupan

1. Teori Abiogenesis
            Teori Abiogenesis artinya makhluk hidup yang pertama kali di bumi berasal dari benda mati. Teori Abiogenesis dikenal juga dengan sebutan Generatio Spontanea yang artinya teori tersebut terjadi secara spontan atau terjadi begitu saja.  Jadi kalau pengertian Abiogenesis dan Generatio Spontanea kita gabungkan maka secara keseluruhan artinya adalah makhluk hidup yang pertama kali di bumi tersebut berasal dari benda mati atau tak hidup yang terjadinya secara spontan, misalnya :  (1) Ikan dan katak berasal dari lumpur; (2) Cacing berasal dari tanah; (3) Belatung berasal dari daging yang membusuk.

Berikut beberapa penemu yang beranggapan bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati antara lain:

a) Teori Menurut Aristoteles
Pada zaman Yunani Kuno Aristoteles (384-322 SM) yang berpendapat bahwa makhluk hidup terjadi begitu saja. Beliau mengamati ikan-ikan yang hidup di air, ia melihat ikan tertentu keluar dari lumpur, menurutnya ikan-ikan berasal dari lumpur. Pendapat ini masih terus bertahan sampai abad ke 17-18.

b) Teori Menurut Nedham
Beliau merebus air kaldu kemudian memasukannya kedalam botol, lalu menutup rapat botol tersebut dengan gabus. Ternyata beberapa hari kemudian muncul bakteri. Nedham menyimpulkan bahwa bakteri berasal dari kaldu. Padahal Nedham merebus kaldunya tidak dengan botolnya, sehingga dapat disimpulkan bahwa bakteri berasal dari botol yang tidak steril.

c) Teori Menurut Anthony van Leeuwenhoek (abad ke 18)
Anthony berhasil membuat mikroskop dan melihat jasad renik di dalam air bekas rendaman jerami. Jadi Anthony menyimpulkan bahwa mikroorganisme berasal dari air.

2. Teori Biogenesis
Teori Biogenesis menyebutkan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup juga. Berikut beberapa penemu yang membantah teori Aristoteles dan Anthony antara lain:

a) Fransisco Redi (1626-1697)
Fransisco melakukan percobaan karena beliau tidak sependapat dengan Aristoteles. Dalam percobaannya, Fransisco menggunakan tiga buah toples.
Toples I : diisi sekerat daging, dan ditutup rapat
Toples II: diisi sekerat daging, ditutup menggunakan kain kasa.
Toples III: diisi sekerat daging, tidak ditutup.

Fakta
Toples I : tidak ditemukannya larva
Toples II: tidak ditemukannya larva
Toples III: ditemukannya larva, karena lalat bisa masuk toples.
           
Dari percobaan yang telah dilakukan maka Fransisco Redi berpendapat bahwa larva bukan berasal dari keratan daging (benda mati), tetapi berasal dari lalat yang bertelur.

b) Lazzaro Spallanzani (1729-1799)
Spallanzani membantah penemuan Aristoteles oleh karena itu, sehingga beliau mengadakan percobaan.

Spallanzani melakukan percobaan sebagai berikut.
Air kaldu dimasukkan kedalam beberapa botol atau tabung. Sebagian tabung ditutup rapat dan sebagian dibiarkan terbuka. faktanya tabung yang tertutup rapat tidak ditemukannya mikroorganisme, sedangkan pada tabung terbuka terdapat adanya mikroorganisme.

Setelah melakukan percobaan, Lazzaro Spallanzani menyimpulkan bahwa mikroba yang ada didalam kaldu tersebut bukan berasal dari air kaldu (benda mati), tetapi berasal dari kehidupan diudara. Jadi adanya pembusukan karena telah terjadi kontaminasi mikroba dari udara ke dalam air kaldu tersebut.

c) Louis Pasteur (1822-1895)
Dalam percobaannya Louis Pasteur menggunakan tabung kaca berbentuk seperti leher angsa atau huruf S. Setelah dilakukan percobaan Louis berpendapat bahwa bakteri bukan berasal dari kaldu dan juga bukan berasal dari udara.

Berdasarkan hasil percobaan Fransisco, Spallanzani, dan Louis tersebut, maka tumbanglah paham Abiogenesis, dan muncullah paham/teori baru tentang asal usul makhluk hidup yang dikenal dengan teori Biogenesis. Teori itu menyatakan:
§   omne vivum ex ovo : yang berarti setiap makhluk hidup berasal dari telur.
§   omne ovum ex vivo : yang berarti telur berasal dari makhluk hidup.
§   omne vivum ex vivo : yang berarti setiap makhluk hidup berasal dari makhluk hidup.

3. Teori Kreasi Khas
Menyatakan bahwa kehidupan diciptakan oleh zat supranatural (gaib) pada saat yang istimewa.

4. Teori Kosmozoan
Teori ini menyatakan bahwa makhluk hidup di bumi dari spora kehidupan yang berasal dari luar angkasa.

5. Teori Evolusi Biokimia
Menyatakan bahwa kehidupan ini muncul berdasarkan hukum fisika, kimia, dan biologi.

6. Teori Keadaan Mantap
Menyatakan bahwa kehidupan tidak berasal usul.

7. Teori Evolusi Kimia
a) Teori Harold Urey,
Menurutnya zat hidup yang pertama kali mempunyai susunan menyerupai virus saat ini. Zat hidup tersebut mengalami perkembangan menjadi berbagai jenis makhluk hidup. Urey berpendapat bahwa kehidupan terjadi pertamakali diudara (atmosfer). Pada saat tertentu dalam sejarah perkembangan terbentuk atmosfer yang kaya akan molekul- molekul CH4, NH3, H2, H2O. Karena adanya loncatan listrik akibat halilintar dan sinar kosmik terjadi asam amino yang memungkinkan terjadi kehidupan.

b) Eksperimen Stanley miller,
Stanley Miller adalah murid Harold Urey yang juga tertarik terhadap masalah asal usul kehidupan. Dia melakukan percobaan untuk menguji hipotesis Harold Urey. Dari hasil eksperimennya Miller dapat memberikan petunjuk bahwa satuan-satuan kompleks di dalam sistem kehidupan seperti lipida, karbohidrat, asam amino, protein, nukleotida dan lain-lain dapat terbentuk dalam kondisi abiotik.

c) Teori Evolusi Biologi Oparin,
Dia berpendapat bahwa kehidupan pertama terjadi di cekungan pantai dengan bahan-bahan timbunan senyawa organik dari lautan. Timbunan senyawa organik ini disebut sop purba atau sop primordial.

B. Ciri-Ciri Kehidupan
1. Terdapat Protoplasma
Protoplasma merupakan suatu bagian yang terdiri atas bahan yang kompleks dan terlindung dengan baik. Protoplasma biasa dikenal dengan sebutan sel. Berbeda dengan benda tak hidup atau benda mati yang tidak memiliki protoplasma. Lihat saja batu atau komputer yang tidak memiliki protoplasma atau sel, sehingga disebut dengan benda mati.

2. Mempunyai Bentuk dan Ukuran
Makhluk hidup dapat dikenali ciri khas yang menempel padanya dengan melihat bentuknya. Antara jenis makhluk hidup yang satu dengan yang lain memiliki perbedaan baik dalam ukuran maupun bentuknya.

3. Melakukan Aktivitas-Aktifitas Kehidupan :
§  Makan
Semua benda hidup membutuhkan asupan bahan makanan yang berasal dari luar tubuh untuk kemudian diproses menjadi energi atau tenaga bagi tubuh.
§  Tumbuh Dan Berkembang
Manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan ketika baru lahir atau tumbuh ukurannya akan lebih kecil dan biasanya akan berkembang menjadi lebih besar menyerupai induknya.
§  Berkembang Biak
Makhluk hidup yang tidak mampu berkembangbiak menghasilkan keturunan akan punah dan musnah di makan waktu. Oleh sebab itu makhluk hidup memiliki cara masing-masing untuk dapat memperbanyak diri untuk mempertahankan keberadaan di dunia.
§  Melakukan Adaptasi
Semua makhluk hidup perlu melakukan penyesuain diri dengan fungsi tubuh dan lingkungan sekitar ekosistem, habitat tempat tinggalnya untuk dapat bertahan hidup dengan lebih baik dan mudah. Contohnya seperti hewan gurun yang tahan panas, bunglong bisa berubah warna, dan lain sebagainya.
§  Memiliki Sistem Transportasi
Untuk menyampaikan zat ke bagian-bagian yang membutuhkan.
§  Dapat Bergerak
Manusia dan hewan memerlukan kegiatan dengan menggerakkan anggota tubuh untuk berbagai keperluan seperti jalan, makan, menggaruk, berkedip, dan sebagainya. Kemampuan untuk bereaksi terhadap rangsangan dari lingkungan disebut dengan istilah iritabilitas.
§  Metabolisme
Metabolisme adalah aktifitas fisika atau kimia yang terjadi di dalam tubuh baik secara anabolisme maupun katabolisme.
§  Sistem Regulasi
Pengertian arti definisi sistem regulasi adalah aturan sistem yang ada di dalam tubuh makhluk hidup untuk dapat hidup seimbang, serasi dan selaras.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Asal Usul Kehidupan : Teori Abiogenesis Vs Biogenesis

5 komentar:

  1. Leafly Interview: Dirty Trickster Roger Stone Talks Cannabis Legalization & Trump.
    Stone therefore claims to have been the mastermind behind the Brooks Brothers' riot ”
    which stopped the vote-recount in Florida inn 2000 and ensured that George W.
    Bush would win that recount.Since long before the election, Roger Stone
    has had aan audience with his friend Dnald Trump about political issues, and noww he
    has created an organization to pursue political advocacy along with the anti-prohibition folks are sdoffing at this.
    To me this is one of the most bizarre things that I have saw come
    out of this left wing of the cannabis movement. Someone who carres a lot
    of weight and is 1 of Donald Trump's few trusted political advisers, and
    yes left wing cannabis activists are scoffing at this notion.

    ReplyDelete
  2. You've got videos and they have been uploaded by you however no 1 views your videos.
    What is the problem and why is no 1 visiting your videos?
    You require to learn how to get your video in front of
    people, or else there's absolutely absolutely no point to investing time.
    If you use a service like Fillm Craze, you can share your video and get views to your own video at
    no cost. Film Craze is an independeent film maker's best friend!

    ReplyDelete
  3. wһere's the map info is about travel advice cost nothing to learn about

    ReplyDelete
  4. Utah Drug Abuse Rehab Centers And Remedy Applications In UT
    In 2015, Unintentional choking and suffocation injuries account
    for 5,051 deaths in the house. As the parent of one particular specific particular haas ostensibly separated
    spiritually from the LDS church a lot more than LGBTQ topcs, and possessing myself maintained a distance frlm the church over this and other subjects, this
    overview is encouraging.

    ReplyDelete
  5. Imagine owning a convenience store that is fully stocked with
    useful products . Imagine that you've hired the very best staff,
    and they provide the service to each client that comes in the door.
    When your shop start, after all is said annd done you've spent
    a small fortune in to your own operation. No one can find
    you, because you have not created access. People can not have even noticed that your company exists, even when they
    live right next door, sincfe not only are there no streets
    but you also have not invested in advertising.
    Your thought was thhat you have to create a great store, with wonderful products and
    great employees, and that the business will sell it self to individuals.

    ReplyDelete

Loading...
Loading...