materi kuliah biologi, biologi kesehatan, biologi sel, karakteristik mahluk hidup, klasifikasi mahluk hidup, plantae, animalia dan kerugian dan keuntungan biologi bagi kehidupan

Wednesday, 18 April 2018

Mekanisme atau Proses Kerja Pada Lambung

Mekanisme atau Proses Kerja Pada Lambung  - Makanan yang masuk dari mulut, saat sampai di lambung langsung dicerna secara kimiawi (prosesnya berlangsung selama beberapa jam). Terdapat dua klep (sfinger) di kedua ujung lambung yang berfungsi menjaga makanan agar tetap berada di dalam lambung. Dinding lambung tersusun dari tiga lapisan otot, yakni otot melingkar, memanjang, dan menyerong. Kontraksi dari ketiga gerak otot tersebut menyebabkan terjadinya gerak peristaltik (gerak menggelombang). 

Otot-otot yang menyusun dinding lambung akan memabantu memecahh makanan menjadi ukuran yang lebih kecil lagi, lalu saat ketiganya berkontraksi dan terjadi gerak pristaltik, makanan akan diaduk-aduk sehingga bercampur dengan getah lambung yang disekresikan oleh dinding lambung. Getah lambung ini dihasilkan oleh jaringan epitel yang menyusun lambung, dan sifat getah ini sangat asam (pH = 2). 


Mekanisme atau Proses Kerja Pada Lambung
Mekanisme atau Proses Kerja Pada Lambung 


Getah lambung terdiri dari : 
Air 
Asam Lambung yang berperan sebagai pembunuh mikroorganisme dan mengaktifkan enzim pepsinogen menjadi pepsin. 
Enzim Pepsin yang berfungsi menghidrolisis protein menjadi molekul-molekul peptida. 
Enzim Renin yang berfungsi mengubah keseinogen menjadi kasein. 
Enzim Lipase yang berfungsi mengubah trigliserida menjadi asam lemak dan protein. 

Makanan yang datang tadi akan berubah menajdi bubur di dalam lambung, ini terjadi karena hasil dari kerja enzim dan pelumatan oleh otot lambung, makanan yang telah menjadi bubur ini disebut Chyme (kim). Sekarang yang berperan untuk melanjutkan proses pencernaan itu adalah bagian pilorus yang mengatur pengeluaran kim sedikit demi sedikit ke dalam duodenum. Caranya, otot pilorus yang mengarah ke lambung akan relaksasi (mengendur) jika tersentuh kim yang bersifat asam. Sebaliknya, otot pilorus yang mengarah ke doudenum akan berkontraksi (mengerut) jika tersentuh kim. Dengan cara ini makanan melewati pilorus segumpal demi segumpal meuju ke duodenum sehingga makan dapat tercerna secara efektif. Setelah sampai 2 sampai 5 jam, lambung kembali kosong, dan memulai prosesnya kembali saat kita juga mengisi perut kembali (makan maksudnya).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mekanisme atau Proses Kerja Pada Lambung

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Loading...
Loading...