materi kuliah biologi, biologi kesehatan, biologi sel, karakteristik mahluk hidup, klasifikasi mahluk hidup, plantae, animalia dan kerugian dan keuntungan biologi bagi kehidupan

Wednesday, 18 April 2018

Pengertian dan Jenis Kolesterol


Pengertian dan Jenis Kolesterol - Kolesterol merupakan salah satu penyebab dari timbulnya berbagai macam penyakit yang berbahaya. Beberapa diantara penyakit yang diakibatkan oleh tingginya kolesterol tersebut adalah stroke, penyakit jantung, darah tinggi dll. Karena banyaknya fenomena tersebut, seringkali kita melihat iklan obat untuk menurunkan kolesterol.


1. Apa Pengertian Dari Kolesterol?
Yang pertama harus Anda ketahui adalah pengertian dari kolesterol. Definisi kolesterol adalah lemak yang berada di dalam tubuh manusia, yang dihasilkan oleh organ hati.

Pengertian dan Jenis Kolesterol
Pengertian dan Jenis Kolesterol


Kolesterol terdapat dua jenis, yaitu kolesterol LDL dan kolesterol HDL. Setiap jenis kolesterol tersebut berbeda. LDL atau Low Density Lipoprotein adalah jenis kolesterol  jahat yang menyebabkan terjadinya pengendapan pada arteri tubuh sehingga memicu terjadinya penyakit jantung atau stroke.

Sedangkan HDL atau High Density Lipoproterin adalah kolesterol baik yang terdapat di dalam tubuh dan tidak mengendap pada arteri, dapat berfungsi untuk melindungi pembuluh darah dari adanya Aterosklerosis yaitu terbentuknya plak pada bagian dinding pembuluh darah sehingga dapat melindungi jantung dari serangan penyakit jantung coroner.

2. Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi
Kolesterol di dalam tubuh manusia menyebar ke seluruh bagian-bagian tubuh tertentu, seperti kulit, otot, saraf, otak, hingga ke bagian jantung.

Dalam keadaan normal, seseorang memiliki kadar kolesterol sebanyak 160-200 mg, sedangkan kolesterol dapat dikatakan berada dalam fase yang berbahaya jika melebihi 240 mg, karena dapat menyebabkan orang tersebut terkena stroke.

Total Kolesterol :
<200 mg/dl = kolesterol ideal
200-239 mg/dl = ambang batas mengalami resiko tinggi
240> mg/dl = resiko tinggi

3. Lalu, Apa Saja Gejala Awal Penyakit Kolesterol Tingg?
Gejala penyakit kolesterol tinggi yang biasanya sering terlihat adalah adanya benjolan berwarna merah, atau yang biasa disebut dengan nama xanthomas. Selain itu, gejala kolesterol tinggi yang lainnya adalah kesemutan, rasa sakit pada persendian dan mengalami pusing atau migrain yang sering kambuh. Namun, pada beberapa kasus kolesterol tidak menunjukkan gejala yang spesifik.

Menurut salah satu dokter mengatakan, bahwa tanpa menggunakan obat-obatan kadar kolesterol dapat diturunkan dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat. Meskipun tubuh membutuhkan kolesterol, tetapi organ hati telah menghasilkan kolesterol sebanyak 80%, sehigga kolesterol untuk tubuh pun sudah dapat terpenuhi tanpa harus menambahkan kolesterol dari luar.

Jika Anda ingin mengetahui, apakah Anda terkena penyakit kolesterol tinggi atau tidak, Anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter dengan melakukan tes laboratorium. Karena kolesterol yang tinggi jika tidak terkontrol sangat berbahaya, dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pada pembuluh darah, stroke, bahkan terkena serangan jantung.

Selain harganya yang sangat mahal, obat kimia tersebut umumnya memiliki efek samping yang buruk bagi ginjal maupun organ hati. Maka dari itu, sebagai langkah yang tepat, anda bisa mengganti obat-obatan kimia tersebut dengan obat tradisional kolesterol tinggi yang lebih alami.
Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Nah, bagi Anda yang merasa memiliki kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh, sebelum mengakibatkan berbagai penyakit kronis yang tidak diinginkan, sebaiknya lakukan cara untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dengan cara alami. Adapun cara cepat menurunkan kolesterol secara alami berikut ini:

1. Alpukat
Siapa yang tak kenal buah yang rasanya lezat ini? Buah yang tak hanya memiliki rasa yang lezat dan enak ini juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Alpukat merupakan buah yang mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh.
2. Delima
Tak hanya alpukat, buah delima merah ini bisa Anda konsumsi untuk membantu menurunkan kolesterol secara alami. Selain itu, delima juga dapat membantu mengurangi plak arteri dengan meningkatkan oksida nitrat di dalam tubuh.

3. Perbanyak konsumsi sayuran
Cara untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami berikutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi sayuran. Sayuran memiliki kandungan serat dan juga antioksidan tinggi yang baik bagi tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam sayuran berupa betakaroten, Vitamin A, Vitamin C dan juga E. Antioksidan inilah yang dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan timbulnya penyakit berbahaya dalam tubuh. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi, sayuran juga dapat memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

4. Jeruk
Jeruk memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C sebagai antioksidan ini mampu mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Tak hanya itu, dengan mengkonsumsi sebanyak 3 gelas jus jeruk setiap hari dapat meningkatkan kadar HDL hingga 21 mg dalam waktu 1 bulan.

5. Olahraga Teratur
Untuk menurunkan kadar kolesterol, maka kita harus menurunkan berat badan terlebih dahulu dengan cara membakar lemak atau kalori dalam tubuh. Cara yang paling efektif dan murah yaitu dengan melakukan olahraga secara teratur minimal 3 kali dalam seminggu. Dengan berolahraga, maka Anda bisa mengurangi kadar lemak jahat di dalam tubuh.

6. Hindari Makanan Mengandung Kolesterol Tinggi
Untuk menurunkan kolesterol dalam darah, sebaiknya kita meminimalisir makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti gorengan, daging jeroan, cumi-cumi, telur puyuh, kerang, mentega, kepiting, dan lain sebagainya. Anda juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi fast food atau junk food.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian dan Jenis Kolesterol

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Loading...
Loading...