materi kuliah biologi, biologi kesehatan, biologi sel, karakteristik mahluk hidup, klasifikasi mahluk hidup, plantae, animalia dan kerugian dan keuntungan biologi bagi kehidupan, manfaat, obat tradisional, herbal dan khasiat tanaman

10 Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi yang Jarang Diketahui

Pada artikel berikut ini kita akan membahas lengkap tentang daun kemangi, sehingga diharapkan pembaca dapat memahami tentang;
1. Apa itu daun kemangi?
2. Apa Kandungan Daun Kemang?
3. Apa Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan?
4. Manfaat dan Khasiat daun Kemangi bagi Manusia.

Kandungan Daun Kemangi
Menurut ”Daftar Komposisi Bahan Makanan” Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI, kemangi termasuk sayuran kaya provitamin A. Setiap 100 g daun kemangi terkandung 5.000 SI vitamin A. Kelebihan lainnya, kemangi termasuk sayuran yang banyak mengandung mineral kalsium dan fosfor, yaitu sebanyak 45 dan 75 mg per 100 g daun kemangi.

10 Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi yang Jarang Diketahui
Daun Kemangi yang kaya Manfaat

Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi
1. Manfaat Daun Kemangi Untuk Menyembuhkan Diare dan Batu Ginjal
Dalam buku ”A Dictionary of Practical Material Medical”, John Henry M. menyebutkan, sari daun kemangi berkhasiat menyembuhkan diare, nyeri payudara, batu ginjal, gangguan pada vagina, dan juga dapat mengatasi albuminaria, yaitu adanya konsentrasi albumin di dalam urin.

2. Manfaat Kemangi Sebagai Obat Sakit Kepala, pilek dan Sembelit
Menurut tim peneliti dari Center for New Crops and Plant Products, Purdue University, AS, daun kemangi terbukti ampuh untuk menyembuhkan sakit kepala, pilek, diare, sembelit, cacingan, dan gangguan ginjal. Mereka pun mengemukakan keampuhan pengobatan menggunakan daun kemangi, yaitu dapat mengatasi sakit maag, perut kembung, masuk angin, kejang-kejang, dan badan lesu. Selain itu, aroma kemangi dapat menolak gigitan nyamuk.

3. Manfaat Kemangi Sebagai Aroma Terapi
Sejak zaman dahulu, kemangi disuling untuk diambil sari minyak atsirinya. John Henry menggolongkan minyak kemangi sebagai minyak atsiri tinggi. Artinya, aroma kemangi segera hilang setelah 24 jam dioleskan ke tubuh. Sebagai perbandingan, minyak atsiri katagori sedang, akan hilang aromanya setelah 3 hari dioleskan, sedangkan minyak atsiri katagori rendah, aromanya hilang setelah seminggu.

Minyak atsiri kemangi dapat digunakan untuk pijat aroma terapi karena minyak atsiri kemangi dapat meringankan dan menyegarkan tubuh. Namun, wanita hamil dilarang menggunakannya karena dikhawatirkan dapat menyebabkan terjadinya keguguran.

4. Kemangi Berkhasiat Untuk Infeksi Usus dan Radang Lambung
Selain itu, minyak kemangi berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan seperti salah cerna, muntah-muntah, infeksi usus, radang lambung, serta gas dalam usus. Juga, gangguan kepala (seperti sakit telinga, demam, sakit saluran hidung, migrain), gangguan otot (kejang-kejang atau kram), dan gangguan saraf (kecemasan, depresi, histeria, lemah saraf, insomia).

5. Mengatasi Ejakulasi Dini
Kemangi ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai bagian dari lalapan yang lezat dimakan dengan sambal dan ayam atau ikan goreng. Namun, kemangi memiliki manfaat bagi organ seksual pria dan wanita. Dalam Harian Pikiran Rakyat dikatakan, senyawa dalam kemangi dapat mengatasi masalah ejakulasi pria, dini pada Kandungan Apigenin fenkhona dan eugenol dalam kemangi dapat mempermudah ereksi. Selain itu, zat arginin yang ada di dalam kemangi dapat memperkuat daya hidup sperma dan mencegah kemandulan.

Begitu juga pada wanita, kemangi kaya akan senyawa anetol dan boron yang mampu merangsang hormon estrogen. Senyawa eugenol-nya juga mampu membunuh jamur penyebab keputihan. Selain itu zat stigmaasterol dalam kemangi dapat merangsang pematangan sel telur. Tannin dan seng mengurangi sekresi cairan vagina. Ada lagi zat triptofan yang dapat menunda menopause.

6. Untuk mengatasi Demam
Di India dan sebagian wilayah di Afrika, seduhan ”teh kemangi” lazim disajikan menggantikan seduhan daun teh asli. Minuman tersebut biasanya disajikan pada saat pergantian musim, yaitu ketika orang mudah terserang batuk, pilek, ataupun demam.

Berbeda dengan di Eropa, di sana kemangi disuling dan diambil minyak atsirinya. Minyak atsiri kemangi banyak digunakan sebagai bahan campuran pembuatan obat ataupun untuk perawatan tubuh seperti sabun mandi, biang parfum, body lotion, minyak gosok, permen pelega tenggorokan, dan juga minyak aroma terapi.

7. Mengurangi Stres dengan Bertindak sebagai 'Adaptogen'
Dilansir dari Draxe, studi menunjukkan bahwa kemangi memiliki potensi kuat untuk bertindak sebagai adaptogen alami, obat herbal yang membantu tubuh beradaptasi dengan stres dan untuk menormalkan efek berbahaya dari stresor pada proses dalam tubuh.

Sebagai contoh, ketika para peneliti mempelajari efek anti-stres dari daun kemangi segar yang diberikan pada kelinci yang terpapar pada lingkungan dengan stres yang tinggi, mereka menemukan peningkatan signifikan dalam tingkat stres oksidatif setelah penggunaan kemangi.

Setelah kelinci menerima suplementasi dua gram daun kemangi segar selama 30 hari, mereka mengalami perlindungan kardiovaskular dan pernapasan sebagai respons terhadap stresor. Penurunan kadar gula darah yang signifikan juga diamati, sementara itu juga terjadi peningkatan yang signifikan dalam aktivitas antioksidan yang diamati.

8. Mengatasi Depresi
Manfaat daun kemangi juga berlaku untuk mereka yang memiliki gangguan mental atau penyakit yang berhubungan dengan suasana hati, termasuk depresi dan kecemasan.
Kemangi juga dianggap sebagai antidepresan oleh beberapa orang karena dapat berdampak positif pada fungsi otak di dalam korteks adrenal, membantu merangsang neurotransmitter yang mengatur hormon yang bertanggung jawab untuk membuat kita bahagia dan energik.

9. Bertindak sebagai Antiinflamasi
Kemangi mengandung minyak esensial yang kuat, termasuk eugenol, citronellol dan linalool. Senyawa tersebut adalah minyak penghambat enzim yang membantu menurunkan peradangan, yang merupakan akar dari sebagian besar penyakit seperti penyakit jantung, rheumatoid arthritis dan kondisi radang usus.

10. Melawan Kanker
Manfaat daun kemangi yang tak kalah penting ialah mampu melawan kanker. Studi klinis yang diterbitkan dalam Nutrition and Cancer menunjukkan bahwa kemangi mengandung phytochemical, yang dapat membantu mencegah kanker secara alami, termasuk kanker kulit, hati, kanker mulut dan paru yang disebabkan oleh bahan kimia.

Kemangi mampu meningkatkan aktivitas antioksidan, secara positif yang mengubah ekspresi gen, menginduksi apoptosis sel kanker (kematian sel berbahaya) dan menghentikan penyebaran tumor kanker.

Dalam sebuah penelitian menggunakan hewan, ekstrak kemangi telah menunjukkan perlindungan terhadap kanker dan kematian sementara juga selektif melindungi jaringan normal dan sel dari efek negatif dari perawatan kanker seperti radiasi atau kemoterapi.

Hal ini menunjukkan bahwa menggunakan ekstrak kemangi dapat bermanfaat sebagai pengobatan kanker tambahan bahkan ketika seseorang sudah menjalani perawatan tradisional.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi yang Jarang Diketahui

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment