materi kuliah biologi, biologi kesehatan, biologi sel, karakteristik mahluk hidup, klasifikasi mahluk hidup, plantae, animalia dan kerugian dan keuntungan biologi bagi kehidupan, manfaat, obat tradisional, herbal dan khasiat tanaman

12 Manfaat Air Mawar Bagi Kulit dan Kesehatan

Mawar (Rosa sp.) dijuluki ratu segala bunga karena keindahannya, keanggunan dan keharumannya. Tanaman hias ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi, diminati konsumen dan dapat dibudayakan secara komersial dan terencana sesuai dengan permintaan pasar (Santika, 1996).

Bunga mawar sudah terkenal sejak dulu sebagai bunga yang indah dan harum. Selain punya aroma wangi dan wujud indah, mawar juga ternyata punya khasiat dan manfaat yang cukup penting bagi kesehatan.

12 Manfaat Air Mawar Bagi Kulit dan Kesehatan
Manfaat air mawar

Kandungan Air Bunga Mawar
Komponen terbanyak dalam mahkota bunga mawar segar antara lan air (83-85%), vitamin, β-karoten, cyanins (antosianin), total gula 8-12%, minyak atsiri sekitar 0,01-1,00% (citronellol, eugenol, asam galat dan linalool) (Sari dan Saati, 2003). Pigmen antosianin bunga mawar merah mempunyai sifat sinergis dengan asam sitrat, yang terbukti berfungsi sebagai antioksidan ( Saati dkk, 2011).

Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam bunga mawar di antaranya tannin, geraniol, nerol, citronellol, asam geranik, terpene, flavonoid, pektin polyphenol, vanillin, karotenoid, stearopten, farnesol, eugenol, feniletilakohol, vitamin B, C, E,dan K. Dengan banyaknya kandungan yang terdapat dalam bunga mawar merah, maka bunga mawar merah tersebut dapat dijadikan sebagai bahan baku obat, antara lain sebagai pengobatan aromaterapi, anti kejang, pengatur haid, menyembuhkan infeksi, menyembuhkan sekresi empedu, dan menurunkan panas badan (daun dan kelopak bunga mawar) (Rukmana, 2005).

Selain indah dipandang, keharuman bunga mawar banyak disuka orang. Air bunga mawar juga memiliki banyak manfaat. Air mawar pertama kali dibawa oleh bangsa Persia sekitar abad ke-10. Saat ini, sebagian besar air mawar dan minyak esensial mawar masih berasal dari daerah ini. Meskipun dibutuhkan banyak kelopak bunga mawar untuk membuat air mawar, namun banyak manfaat yang bisa didapat dari air bunga mawar.

Manfaat dan Khasiat Air Bunga Mawar

1. Sebagai Antiseptik
Ekstrak mawar mengandung geraniol dan limonene yang berfungsi sebagai antiseptik, pembunuh jamur candida albican penyebab keputihan dan menambah daya tahan tubuh. 

2. Sebagai Aromaterapi
Aromanya yang harum juga sering digunakan sebagai aromaterapi yang bersifat menenangkan dan meningkatkan mood. Daun kelopak bunga kering juga dapat digunakan untuk mengharumkan teh. Rebus kelopak mawar dengan teh dan air, saring. Tambahkan gula, madu dan sedikit air jeruk lemon. Nikmati teh mawar dalam keadaan hangat, sembari mereguk kesegarannya Anda dapat menghirup aromanya.

3. Sebagai Antioksidan
Antosianin, pigmen warna paling umum pada tumbuhan tingkat tinggi, juga memiliki aktivitas antioksidan. Antosianin mampu menghentikan reaksi radikal bebas dengan menyumbangkan hidrogen atau elektron pada radikal bebas dan menstabilkannya (Madhavi, et al., 1996). Menurut Francis (1985) dan Markakis (1982), hal tersebut dikarenakan terdapatnya 2 cincin benzena yang dihubungkan dengan 3 atom C dan dirapatkan oleh 1 atom O sehingga terbentuk cincin diantara 2 cincin benzena pada antosianin.

4. Perawatan Kulit
Air mawar banyak digunakan untuk perawatan kulit karena aman dan cukup lembut untuk semua jenis kulit. Air mawar bekerja baik pada kulit kering dan yang mengalami penuaan, maupun pada kulit yang berminyak dan rentan terhadap jerawat. Air mawar memiliki astringen yang berkhasiat seperti tonik yang membantu mengurangi kemerahan akibat pembesaran kapiler darah.

5. Efek Menenangkan
Air mawar sangat bagus jika ditambahkan ke dalam bak air panas untuk berendam dan relaksasi. Air mawar memiliki efek menenangkan dan telah digunakan untuk mengobati stres, ketegangan saraf, psikosomatis seperti stres akibat tukak lambung, dan penyakit jantung.

6. Sebagai Sumber Vitamin
Kelopak bunga mawar yang digunakan untuk membuat air mawar mengandung banyak vitamin, termasuk diantaranya adalah vitamin A, B3, C, D, dan E.  Selainitu, falvonoid (antioksidan), tanin, dan zinc juga sering ditemukan dalam air mawar. Semua kandungan tersebut berfungsi untuk memperbaiki tekstur dan kesehatan kulit secara keseluruhan.

7. Sebagai Teh Herbal
Air mawar juga digunakan sebagai teh herbal untuk terapi atau pengobatan stres perut serta infeksi kandung kemih. Teh herbal air mawar juga berfungsi sebagai minuman hangat yang memiliki efek menenangkan.

8. Sebagai Anti penuaan
Air mawar membantu melawan tanda-tanda penuaan dan melindungi kulit dari keriput dan peradangan.

9. Menghaluskan kulit
Bahan pembersih alami dari air mawar menjadi komposisi yang ampuh untuk melawan jerawat. Kandungan air mawar juga bisa mengencangkan dan mengurangi ukuran pori-pori, sehingga membuat kulit nampak lebih muda dan halus.

10. Mencegah penyakit kulit
Air mawar membantu menjaga keseimbangan pH alami kulit sehingga mampu melawan berbagai penyakit kulit dan eksim.

11. Menyeimbangkan minyak kulit
Produksi sebum dapat diseimbangkan dengan menggunakan air mawar. Hal ini berlaku untuk orang dengan kulit berminyak maupun kulit kering.

12. Membersihkan kulit
Sifat antibakteri dalam air mawar mampu membersihkan kulit secara menyeluruh namun tetap lembut.Air mawar yang lembut dapat mencegah kerusakan kulit saat membersihkan wajah setiap hari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 12 Manfaat Air Mawar Bagi Kulit dan Kesehatan

1 komentar: