materi kuliah biologi, biologi kesehatan, biologi sel, karakteristik mahluk hidup, klasifikasi mahluk hidup, plantae, animalia dan kerugian dan keuntungan biologi bagi kehidupan, manfaat, obat tradisional, herbal dan khasiat tanaman

29 Manfaat dan Khasiat Daun Bidara yang Dipercaya Orang Arab

Daun Bidarah yang mempunyai bahasa latin Ziziphus mauritiana lamk, Orang-orang Arab menyebutnya Nabka. Sudan: Nabag, Nabak, Cidir, duri Kristus (dalam cerita rakyat, tanaman ini dikatakan menjadi sumber dari mahkota duri yang ditempatkan pada kepala Juruselamat. Nigeria: Kurna. Dalam bahasa Inggris itu dikenal sebagai Dom, duri-Yerusalem atau duri Kristus, Di Perancis disebut Paliure, Epine du Christ, porte-chapeau, capelets, argolou dan arnaves.

29 Manfaat dan Khasiat Daun Bidara yang Jarang Diketahui
Daun Bidara yang kaya manfaat

Penjelasan Singkat tentang Daun Bidara
Pohon bidara berbunga sekitar bulan Juli hingga Agustus, dan biji matang dari Oktober sampai Desember. Bunga-bunga wangi yang hermaprodit (memiliki jenis bunga jantan dan bubga betina). Tanaman ini memiliki bunga kecil berbulu putih yang sangat wangi.Komposisi kimiaTanaman ini telah diteliti secara luas dan telah diketahui komposisi kimianya. Konstituen utama dari minyak esensial adalah alpha-terpineol (16,4%) dan linalool (11,5%). Hidrokarbon netral dalam bentuk n-pentacosane adalah (81%). Metil ester yang diisolasi dari daun termasuk metil palmitat, metil stearat dan metil miristat. beta-sitosterol, asam oleanolic dan asam maslinic adalah aglikon utama dari glikosida terdapat dalam daun bidara.Kandungan gula dalam daun bidara adalah laktosa, glukosa, galaktosa, arabinosa, xilosa dan rhamnosa, dan juga berisi empat glikosida saponin. Kandungan flavonoid tertinggi ditemukan dalam daun (0,66%). Terdapat kandungan quercetin 3-O-rhamnoglucoside 7-O-rhamnoside yang merupakan senyawa flavonoid utama pada semua bagian tanaman. Komposisi kimia tanaman bidara terbukti sangat kompleks dan lengkap, selain alkaloid, terdapat zizyphine-F, jubanine-A dan amphibine-H, sebuah peptida baru alkaloid spinanine-A telah diisolasi dari kulit batang pohon bidara. Spinanine-A adalah salah satu dari 14 jenis cyclopeptide alkaloid jenis amphibine-B.

Pemanfaatan tanaman ini salah satunya yaitu sebagai antioksidan bagi tubuh akibat dari radikal bebas. Digunakan daun bidara dikarenakan kandungan kimia pada daun bidara kering menunjukkan nutrin yang sangat lengkap dan alami. Kandungan yang terdapat dalam daun bidara kering berupa konstituen utama dari minyak ensensial dan mengandung glukosa, flavonoid, dan alkanoid. 

Tanaman Daun Bidara ini mempunyai taksonomi sebagai berikut:
Kingdom : Plantae
Subkingdom : tracheobionta
Super devisi : Spermatophyta
Devisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Sub kelas : Rosidae
Ordo : Rhamnales
Famili : Rhamnaceae
Genus : Ziziphus
Spesies :Ziziphus mauritiana lamk

Tanaman bidara sering dimanfaatkan oleh orang barat sebagai tanaman obat, tetapi berbeda dengan orang Indonesia. kebanyakan orang Indonesia belum mengetahui tanaman bidaradikarenakan tanaman bidara adalah tanaman yang berasal dari daerah panas. Jadi, penulis tertarik mengembangakan gagasan ilmiahnya tentang “Penggunaan ekstrak Daun Bidara Untuk Antioksidan dalam Tubuh Manusia”

Kandungan bahan kosmetik dalam Daun Bidarah
Komposisi kimia dari minyak daun bidara (Zizyphus spina-christi) diperoleh dengan menggunakan metode destilasi memiliki komponen utama: geranyl aseton (14,0%), metil hexadecanoate (10,0%), metil octadecanoate (9,9%), farnesyl aseton C (9,9%), hexadecanol (9,7%) dan etil octadecanoate (8.0%). 

Manfaat Daun Bidarah
Semua bagian tanaman yang digunakan oleh orang-orang Arab setempat untuk membantu mempertahankan gaya hidup sehat. Tanaman ini juga telah digunakan untuk menginduksi tidur yang baik karena memiliki sifat menenangkan. Di Arab Saudi digunakan untuk pengobatan bisul, luka, penyakit mata dan bronkitis. Orang - orang Badui menggunakannya untuk pengobatan luka, penyakit kulit dan sebagai anti-inflamasi. Mereka juga menggunakannya sebagai obat penurun panas dan diuretik.Pohon bidara banyak terdapat di Iran bagian selatan. Daun dari tanaman ini, yang secara lokal dikenal sebagai "Sidr" dan "Konar", telah digunakan untuk mencuci rambut dan tubuh. Daun tanaman juga digunakan dalam obat rakyat Iran sebagai antiseptik, antijamur dan anti-inflamasi, dan untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti dermatitis atopik. Di China telah digunakan sebagai bentuk kontrol kelahiran.Air extract daun bidara memiliki sifat antinociceptive dalam uji coba pada tikus dan memiliki efek menenangkan pada sistem saraf pusat. Ini telah dijelaskan sebagai anticathartic, diuretik zat, dan tonik.

1. Manfaat Daun Bidara Sebagai Anti-mikroba 
Bidara telah terbukti dapat membasmi bakteri, jamur dan juga patogen lain yang biasanya cukup tahan.

2. Manfaat Daun Bidarah Sebagai Antioksidan 
The polyphenols of Yemeni plants telah melakukan uji coba dengan ferrylmyoglobin untuk menentukan kandungan antioksidan daun bidara. Daun bidara ditunjukkan untuk mengurangi degradasi oksidatif. Efek pertahanan dari saponin pada daun bidara dari cultured myocardial yang terkena anoxia-reoxygenation ditentukan dan ditemukan bahwa peroksidasi lipid berkurang. 

3. Manfaat Daun Bidarah dalam Penggunaan untuk bahan makanan 
Konstituen kimia mengkonfirmasi penggunaan menguntungkan buah sebagai tonik (Tabel 1). Buah rasa seperti campuran kurma dan apel dan sangat dihargai oleh suku Badui karena memiliki nilai energi yang sangat tinggi. Buah dapat dimakan mentah atau dikeringkan dan buah bidara memiliki rasa sedikit asam menyegarkan, sedikit menyerupai apel kering. Biji bidara kaya protein, kalsium, zat besi dan magnesium. Makanan dari tanaman ini merupakan sumber energi, protein dan mineral yang sangat penting.Sifat Tonik dari buah bidara dapat meningkatkan nafsu makan, dan dapat digunakan juga sebagai pencahar dan telah digunakan sebagai obat cacingan (vermifuge). Buah bidara juga menyegarkan dan mengembalikan, serta meningkatkan kecerdasan otak dan merupakan obat untuk tekanan darah tinggi. Di bagian barat Sudan buah bidara dianggap makanan lezat, (Kordofan, Darfur): pulp pahit-manis buah dikeringkan dan digiling untuk menghasilkan tepung. Salah satu metode untuk menggunakan tepung ini adalah menggunakan cangkir logam kecil dimasak dengan uap. Efek hipoglikemik dan antihyperglycemic dari bidara telah dibuktikan para peneliti.

4. Manfaat Daun Bidara Untuk Perawatan kulit dan rambut
Tanaman ini sudah digunakan di banyak bagian dunia untuk perawatan kulit. Komposisi kimia dan fitokimia yang terdapat pada bubuk daun bidara dapat menghitamkan dan memanjangkan rambut wanita. 

5. Manfaat Daun Bidarah Untuk Melindungi kulit 
Sebuah penelitian dilakukan di mana air rendamam daun bidara (direndam dalam air selama 24 jam) Pengujian radiasi sinar UV pada kulit menggunakan simulator Oriel surya dan satu aplikasi dari produk gel. Warna kulit dievaluasi (khusus untuk kulit kemerahan) menggunakan Chromameter Minolta. 80% dari subyek menunjukkan penurunan dalam kulit memerah dan gel mengurangi kemerahan dengan 17,51% di semua percobaan. 

6. Manfaat Daun Bidara Untuk Melindungi kerusakan DNA 
Khasiat bidara untuk melindungi sel DNA manusia yang disebabkan oleh kerusakan dari radiasi actinic diuji menggunakan alat tes kontrol dimodifikasi oleh Regentec, spin dari perusahaan riset dari Universitas Nottingham. Kerusakan DNA manusia dapat disebabkan oleh kerusakan yang telah dijelaskan dalam kerja antioksidan di atas.

7. Menyembuhkan luka
8. Meningkatkan nafsu makan
9. Meningkatkan metabolisme tubuh
10. Menyehatkan lambung
11. Mengobati wasir atau ambeiem
12. Menurunkan tekanan darah tinggi
13. Menguatkan tulang, otot dan sendi
14. Menguatkan gigi
15. Menyehatkan jantung
16. Mengatasi insomnia atau susah tidur
17. Melancarkan pencernaan
18. Mengobati nyeri saat buang air kecil
19. Menyehatkan mulut
20. Mencegah kanker dan tumor
21. Mengatasi siklus haid tidak teratur
22. Menyehatkan dan menguatkan rambut
23. Mengatasi jerawat dan bisul
24. Melepas dahaga
25. Mempercantik kulit, khususnya wajah
26. Mencegah kulit kering
27. Mengatasi ejakulasi dini
28. Menyembuhkan demam
29.Mengatasi radang kulit

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 29 Manfaat dan Khasiat Daun Bidara yang Dipercaya Orang Arab

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment