materi kuliah biologi, biologi kesehatan, biologi sel, karakteristik mahluk hidup, klasifikasi mahluk hidup, plantae, animalia dan kerugian dan keuntungan biologi bagi kehidupan

Sunday, 15 January 2017

Pengertian, Susunan dan Macam-macam Ekosistem

Pengertian, Susunan dan Macam-macam Ekosistem, Suatu ekosistem terdiri dari semua organisme yang hidup dalam suatu komunitas dan juga semua faktor-faktor abiotik yang berinteraksi dengan organisme tersebut. Seperti populasi dan komunitas, batas ekosistem umumnya tidak jelas. (Campbell, 2004: 388)


Pengertian, Susunan dan Macam-macam Ekosistem
Pengertian, Susunan dan Macam-macam Ekosistem

1. Pengertian Ekosistem
Ekosistem merupakan suatu sistem di alam dimana didalamnya terjadi hubungan timbal balik antara organisme dengan organisme lainnya, juga dengan keadaan lingkungannya.  Ekosistem sifatnya tidak tergantung kepada ukuran tetapi lebih ditekankan kepada kelengkapan komponennya. Berdasarkan kepada komponennya ekosistem dibedakan atas ekosistem lengkap dan ekosistem tidak lengkap. Ekosistem lengkap terdiri atas komponen biotik dan komponen abiotik. (Tim Dosen Pembina, 2013: 22)

Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi. Komponen-komponen pembentuk ekosistem adalah: Komponen hidup (biotik) dan Komponen tak hidup (abiotitik). Kedua komponen tersebut berada pada suatu tempat dan berinteraksi membentuk suatu kesatuan yang teratur. (Jamin, 1999: 54)
Sifat ekosistem adalah universal, baik dalam ekosistem daratan maupun perairan ataupun ekosistem buatan seperti sawah dan kebun.semuanya merupakan interaksi antara konponen - komponen biotik dan abiotik yang mendukungnya keadaan ini mengakibatkan ekosestem dinamis setiap perubahan suatu komponen akan berpengaruh terhadap komponen lainnya. (Soetjipta, 1993: 27)

Susunan Ekosistem

Suatu ekosistem berdasarkan susunan dan fungsinya tersusu dari beberapa komponen sebagai berikut :
a. Komponen autotrof
autotrof berasal dari kata Auto yang berarti sendiri,   dan trophikos yang berarti “menyediakan makan“ pengertian dari Autotrof adalah organisme yang mampu menyediakan/mensintesis makanan sendiri yang berupa bahan organik dari bahan anorganik dengan bantuan energi seperti matahari dan kimia. Komponen autotrof berfungsi sebagai produsen, contohnya tumbuh-tumbuhan hijau.
           
b. Komponen heterotrof
Heterotrof berasal dari kata “Heteros” yang berarti  berbeda, dan trophikos yang berarti makanan). Pengertian dari Heterotrof merupakan organisme yang memanfaatkan bahan-bahan organik sebagai makanannya dan bahan tersebut disediakan oleh organisme lain. Yang tergolong heterotrof adalah manusia, hewan, jamur, dan mikroba.
c. Bahan tak hidup (abiotik)
Bahan tak hidup yaitu komponen fisik dan kimia yang terdiri dari tanah, air, udara, sinar matahari. Bahan tak hidup merupakan medium atau substrat tempat berlangsungnya kehidupan, atau lingkungan tempat hidup.

d. Pengurai (dekomposer)
Pengertian dari Pengurai adalah organisme heterotrof yang menguraikan bahan organik yang berasal dari organisme mati (bahan organik kompleks). Organisme pengurai menyerap sebagian hasil penguraian tersebut dan melepaskan bahan-bahan yang sederhana yang dapat digunakan kembali oleh produsen. Termasuk pengurai ini adalah bakteri dan jamur.

Macam-macam Ekosistem

Secara garis besar ekosistem dibedakan menjadi ekosistem darat dan ekosistem perairan. Ekosistem perairan dibedakan atas ekosistem air tawar dan ekosistem air Laut.

Silahkan Klik judul di Atas untuk melihat lebih Spesifik


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian, Susunan dan Macam-macam Ekosistem

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Loading...
Loading...