materi kuliah biologi, biologi kesehatan, biologi sel, karakteristik mahluk hidup, klasifikasi mahluk hidup, plantae, animalia dan kerugian dan keuntungan biologi bagi kehidupan

Friday, 13 January 2017

Perbedaan Sel Hewan, Sel Tumbuhan dan Sel Bakteri

Perbedaan Sel Hewan, Sel Tumbuhan dan Sel Bakteri, sel adalah segumpal protoplasma yang berinti, sebagai individu yang berfungsi menyelenggarakan seluruh aktivitas untuk kebutuhan hidupnya. Sel itu setelah tumbuh dan berdeferensiasi, akan berubah bentuknya sesuai dengan fungsinya, ada yang menjadi epidermis berfungsi untuk melindungi sel-sel sebelah dalamnya ada yang menjadi tempat penyediaan makanan, ada yang berfungsi menjadi tempat persediaan makanan dan lain-lain. Atau dengan kata lain sel merupakan unit struktural  kehidupan dan merupakan unit fungsional dari kehidupan dikarenakan didalam organ tumbuhan dan hewan tersusun dari sel-sel rumusan yang penting bukannya dinding sel tetapi isi sel yang disebut protoplasma.Mahluk hidup seluler terdiri atas satu sel (uni seluler) contohnya Bakteri dan banyak sel (multi seluler) contohnya tumbuhan dan hewan tingkat tinggi. Sel memiliki keragaman berdasarkan bentuk dan ukuran, pergerakannya (ada beberapa sel yang bergerak cepat dan memiliki struktur berubah-ubah, ada juga yang cenderung tidak bergerak dan memiliki struktur tetap), struktur sel dan ada tidaknya membran inti. Keragaman lainnya dilihat dari sel membutuhkan O2 untuk hidup atau tidak membutuhkan O2.

1. Sel Hewan
Sel hewan merupakan sel eukariotik yaitu sel yang telah memiliki membran inti, bagaian sel hewan yang tidak dimiliki sel tumbuhan dan sel bakteri yaitu sentriol.

Struktur Sel Hewan
Struktur Sel Hewan

Berikut bagian-bagian dari sel hewan dan fungsinya:
1.      Mitokondria, merupakan tempat pembentukan sumber energi. Umumnya dimiliki semua sel hidup, karena fungsinya yang sangat penting, yaitu menghasilkan energi melalui proses respirasi sel.
  1. Ribosom, organel berbentuk butiran-butiran kecil yang terdapat di sitoplasma atau menempel di permukaan retikulum endoplasma kasar. Berfungsi sebagai tempat sintesis protein.
  2. Retikulum Endoplasma, organel berbentuk seperti saluran. Berfungsi untuk membantu metabolisme protein, lemak dan karbohidrat.
  3. Badan Golgi, organel berbentuk seperti tumpukan kue panekuk. Berfungsi membantu sintesis protein. Terdapat di sel tumbuhan dan hewan.
  4. Sentriol, Fungsi sentriol yang utama dalam sel hewan adalah menyelesaikan proses sitokinesis
  5. Lisosom, merupakan kantung kecil dengan membran tunggal. Berfungsi untuk mendaur ulang bagian sel yang rusak, mencerna zat sisa makanan atau zat-zat asing yang masuk ke dalam sel.
  6. Sentrosom, bentuknya seperti tabung kecil dan mengapung di sitoplasma. Sentriol dalam sentrosom berperan dalam pembelahan sel. Sentrosom sel hewan memiliki sepasang sentriol, sedang sel tumbuhan tidak.
  7. Nuklues (inti sel), organel berbentuk bulat atau lonjong yang terdapat di tengah atau bagian tepi sel. Berfungsi sebagai pusat pengendali kegiatan sel. Di dalamnya terdapat cairan inti  (nukleoplasma), anak inti (nukleolus) dan selapu inti.
  8. Kloroplas, organel kecil berbentuk bulat yang berwarna hijau karena mengandung pigmen klorofil.
  9. Membran sel (membran plasma), merupakan bagian sel paling luar. Dimiliki oleh hewan dan tumbuhan. Berfungsi mengatur keluar masuknya zat pada suatu sel.
  10. Sitoplasma, cairan bening seperti gel yang mengisi ruang  dalam sel, berfungsi sebagai tempat berlangsungnya reaksi metabolisme.
  11. Vakuola, merupakan rongga di dalam sel yang berlapis membran, di dalamnya berisi cairan. Berfungsi sebagai tempat menyimpan bahan makanan dan sisa metabolisme.
2.  Sel Tumbuhan

Struktur Sel tumbuhan
Struktur Sel tumbuhan
Sel tumbuhan juga termasuk jenis sel eukariotik yaitu telah memiliki membran inti dan yang dimiliki sel tumbuhan dan tidak ada disel hewan maupun sel bakteri yaitu plastida.
Berikut bagian-bagian dari sel tumbuhan beserta fungsinya :
1.     Dinding sel, merupakan penyusun sel tumbuhan yang tersusun atas serat-serat sellulosa, bersifat tebal dan kaku untuk membantu mempertahankan bentuk sel dan melindungi sel dari kerusakan mekanis.
2.  Membran sel, Organel ini berfungsi sebagai selaput pelindung dan pengontrol yang bersifat semi permeable untuk mengendalikan pertukaran zat antara sitoplasma dengan lingkungan sel.
3.  Sitoplasma/protoplasma, cairan sel tumbuhan yang mengisi ruangan antara membran sel dengan inti sel. Sitoplasma tersusun atas bahan dasar cair yang disebut sitosol yang berisi air dan senyawa organik terlarut.
4.  Nuleus atau inti sel, organel terbesar yang berbentuk bulat hingga oval, berfungsi untuk mengendalikan seluruh kegiatan sel tumbuhan.
5.  Retikulum endoplasma, fungsi dari retikulum endoplasma adalah untuk transportasi protein.
6.  Ribosom, berfungsi untuk sisntesis protein.
7.  Mitokondria, berfungsi untuk membentuk energi dan tempat berlangsungya respirasi aerobik.
8.  Badan Golgi, Organel ini berfungsi untuk pengemasan dan sekresi protein.
9.  Plastida/Kloroplas, organel sel tumbuhan yang berperanan dalam fotosintesis karena adanya klorofil dan pigmen-pigmen fotosintetik.
10.  Vakuola, berfungsi untuk menimbun sisa-sisa metabolisme dan untuk penguraian molekul-molekul sederhana (berfungsi seperti lisosom).

3. Sel Bakteri
Struktur Sel bakteri
Struktur Sel bakteri
Sel bakteri merupakan sel prokariotik yaitu sel yang tidak memiliki membran inti dan sel bakteri merupakan sel yang berukuran sangat kecil.
Struktur sel bakteri dan fungsinya :
1.  Kapsul, Kapsul terbuat dari lapisan tebal dari bahan polisakarida. Fungsi untuk melindunginya dari kekeringan, dan memberikan perlindungan terhadap fagositosis dari sel-sel kekebalan.
2.  Dinding sel, bakteri memiliki dinding sel yang terbuat dari lapisan peptidoglikan yang membuat sel kaku dan memberikan bentuk. Hal ini juga berfungsi sebagai jangkar untuk pili dan flagella.
3.  Pili, banyak bakteri memiliki pili, yang merupakan struktur rambut seperti kecil yang cabang keluar dari dinding sel. Pili adalah bagian dari faktor virulensi bakteri ini. Selain itu, pili khusus digunakan oleh bakteri untuk konjugasi, sebuah proses di mana satu bakteri mengirimkan gen seperti resistensi antibiotik pada sel-sel bakteri tetangga.
4.  Flagela, flagela ini seperti rambut, struktur yang mirip dengan pili, tetapi flagela digunakan untuk bergerak oleh sel bakteri. Flagela membantu bakteri menjauh dari bahan kimia beracun atau bergerak ke arah nutrisi.
5.  Membran plasma, membran yang menyelubungi sitoplasma tersusun atas lapisan fosfolipid  dan protein.
6.  Sitoplasma, cairan yang berada didalam sel.
7.  Ribosom,organel yang tersebar dalam sitoplasma, tersusun atas protein dan RNA.

Tabel Perbedaan antara sel hewan, sel tumbuhan dan sel bakteri.
1.1      

No.
Bagian Sel
Sel Hewan
Sel Tumbuhan
Sel Bakteri
1.
Prokariotik dan Eukariotik
Eukariotik
memiliki kompartemen sitoplasma yang dikelilingi membran yang jelas, nukleus berisikan DNA.
Eukariotik
memiliki kompartemen sitoplasma yang dikelilingi membran yang jelas, nukleus berisikan DNA.
Prokariotik
tidak memiliki membran nukleus yang jelas untuk melindungi DNA.
2.
Membran Sel
Punya
mengatur keluar masuknya zat pada suatu sel.


Punya
selaput pelindung dan pengontrol yang bersifat semi permeable untuk mengendalikan pertukaran zat antara sitoplasma dengan lingkungan sel.
Punya
menyelubungi sitoplasma tersusun atas lapisan fosfolipid  dan protein.
3.
Dinding Sel
Tidak Punya
Punya
memberi kekuatan dan perlindungan bagi sel.
Punya
terbuat dari lapisan peptidoglikan yang membuat sel kaku dan memberikan bentuk.
4.
Inti Sel
Punya
Inti sel lebih besar daripada vesikel
Punya
Inti sel tumbuhan lebih kecl dari vakuola
Tidak Punya

5.
Klorofil
Tidak Punya
Punya
Untuk proses fotosntesis pada tumbuhan.
Tidak Punya
6.
Vakuola
Tidak Punya
Terdapat beberapa hewan uniseluler yang mempunyai vakuola tetapi tidak sebesar vakuola sel tumbuhan.
Punya
Mempunyai vakuola yang besar.
Tidak Punya
7.
Sentriol
Punya
Melakukan proses sitokinesis
Tidak Punya
Tidak Punya
Perbedaan dan persamaan Sel hewan, sel tumbuhan dan bakteri

No
Bagian Sel
Tumbuhan
Hewan
Bakteri
1
Prokariotik/Eukariotik
Eukariotik
Eukariotik
Prokariotik
2
Membran Sel
Ada
Ada
Tidak Ada
3
Dinding Sel
Ada
Tidak Ada
Ada
4
Inti Sel
Ada
Ada
Ada
5
Klorofil
Ada
Tidak Ada
Tidak Ada
6
Vakuola
Ada
Ada (kecil)
Tidak Ada
7
Sentriol
Tidak Ada
Ada
Tidak Ada
8
Plastida
Ada
Tidak Ada
Tidak Ada
9
Lisosom
Tidak Ada
Ada
Tidak Ada
10
Ribosom
Ada
Ada
Ada
11
Mitokondria
Ada
Ada
Tidak Ada
12
Retikulum Endoplasma
Ada
Ada
Tidak Ada
13
Badan Golgi
Ada
Ada
Tidak Ada
14
Sitoplasma
Ada
Ada
Ada
15
Flagella
Tidak Ada
Tidak Ada
Ada
16
Pili
Tidak Ada
Tidak Ada
Ada
17
Kapsul
Tidak Ada
Tidak Ada
Ada
18
Nukleus
Ada
Ada
Tidak Ada
19
Bentuk Penyimpanan Tenaga
Glikogen
Pati
Tidak Ada
20
Silia
Tidak Ada
Tidak Ada
Ada

4.  Struktur Sel Hewan, Sel Tumbuhan dan Sel Bakteri
Struktur Sel Hewan
Struktur Sel Hewan 

Struktur Sel tumbuhan
Struktur Sel tumbuhan

Struktur Sel bakteri
Struktur Sel bakteri

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Perbedaan Sel Hewan, Sel Tumbuhan dan Sel Bakteri

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Loading...
Loading...