materi kuliah biologi, biologi kesehatan, biologi sel, karakteristik mahluk hidup, klasifikasi mahluk hidup, plantae, animalia dan kerugian dan keuntungan biologi bagi kehidupan, manfaat, obat tradisional, herbal dan khasiat tanaman

8 Obat Tradisional (Herbal) yang Ampuh Mengobati Asam Lambung

Asam lambung adalah sejenis cairan dalam sistem pencernaan yang terdapat dalam lambung dan terdiri dari asam klorida (HCl), kalium klorida (KCl), dan natrium klorida (NaCl). Cairan tersebut berperan penting untuk pencernaan protein, dengan menghidupkan enzim pencernaan yang mengurai protein menjadi rantai panjang asam amino. Asam lambung dihasilkan dari sel-sel yang terdapat pada lambung, yang dapat mengatur sendiri jumlah produksi asam lambung jika diperlukan. Sel lain dalam lambung memproduksi bikarbonat yang mengontrol kadar keasaman pada asam lambung. Sel-sel tersebut juga memproduksi lapisan mukus yang mencegah asam lambung agar tidak membahayakan lambung. Pankreas memproduksi bikarbonat lebih banyak lagi melalui saluran pankreas ke duodenum untuk menetralkan asam lambung yang masuk lebih jauh ke dalam saluran pencernaan.

8 Obat Tradisional (Herbal) yang Ampuh Mengobati Asam Lambung
Asam lambung

Tingkat keasaman (pH) asam lambung berkisar antara 1,5 hingga 3,5[1]di dalam lambung. Kadarasam yang tinggi di dalam lambung menyebabkan protein dari makanan kehilangan struktur lipatannya (atau denaturasi), menyebabkan terbukanya ikatan peptida. Kemudian, sel utama lambung menguraikan enzim untuk pemecahan protein (pepsin dan rennin). Asam klorida mengaktifkan pepsin, yang membantu proses pencernaan dengan memecah ikatan asam amino, dan proses tersebut disebut proteolisis. Sebagai tambahan, banyak organisme yang proses pertumbuhannya dipicu oleh lingkungan asam, yang membantu mencegah infeksi.

Jika anda mengalami Penyakit Maag sebaiknya menghindari makanan dan minuman berikut ini;

Pantangan Penyakit Asam Lambung (Penyakit Maag)
  1. Makanan dan Minuman Tinggi Lemak
  2. Makanan yang Digoreng
  3. Cokelat
  4. Kopi
  5. Soda Alkohol
  6. Makanan Pedas
  7. Makanan Asin
  8. Buah Citrus
  9. Bawang
  10. Tomat
8 Obat Herbal (tradisional) yang Ampuh Mengobati Asam Lambung

1. Baking Soda
Karena bersifat basa, baking soda dapat menetralkan kadar asam lambung yang berlebih. Anda bisa mengonsumsi baking soda dalam bentuk obat bebas atau resep, ikutilah petunjuk penggunaan pada kemasan.

Obat herbal baking soda untuk penyakit maag
Obat herbal baking soda untuk penyakit maag

Catat pula bahwa para ahli tidak menyarankan penggunaan baking soda dalam jangka panjang. Bahan ini hanya diperbolehkan untuk mengatasi gejala asam lambung naik yang berlangsung kurang dari dua minggu. Pasalnya, mengonsumsinya secara terus-menerus dapat membuat kadar basa terlalu tinggi dalam tubuh. 

Seperti obat herbal asam lambung naik lainnya, baking soda dapat berinteraksi dengan obat-obatan lain. Untuk menghindarinya, informasikan mengenai obat-obatan yang tengah Anda konsumsi saat berkonsultasi dengan dokter. 

2. Permen Karet
Mungkin banyak yang tidak percaya dengan ini, tapi Mengunyah permen karet dapat cukup efektif untuk menurunkan asam lambung. Kunyahlah permen karet bebas gula selama 30 menit setelah selesai makan. Permen karet dapat menjadi obat alami untuk asam lambung karena ketika mengunyahnya, produksi air liur akan meningkat, sehingga asam lambung yang naik bisa ditekan.

3. Licorice atau akar manis
Licorice atau akar manis obat maag
Licorice atau akar manis obat maag
Licorice atau disebut juga akar manis, dipercaya dapat mengatasi masalah pada sistem pencernaan, seperti nyeri ulu hati atau heartburn. Bahan kimia yang terkandung di dalam tanaman ini disebut dapat mengurangi pembengkakan, dan menyembuhkan peradangan atau luka dalam tubuh.

4. Mustard
Sering ditambahkan pada makanan barat, mustard juga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk asam lambung. Hal ini karena mustard memiliki kandungan mineral, cuka, serta alkalin, yang bermanfaat untuk menetralisir asam lambung. Ketika kamu merasakan gejala naiknya asam lambung, segera konsumsi 1 sendok makan mustard untuk meredakannya.

mustard sebagai obat maag
mustard sebagai obat maag

5. Mentimun
Mentimun bisa mengurangi rasa sakit yang diakibatkan asam lambung, jika dikonsumsi dengan teratur bisa menyembuhkan asam lambung.

Caranya, kupas dan buang biji timun lalu iris tipis memanjang, timun bisa dikonsumsi 2 potong setiap 2 jam. Mentimun juga bisa dicampur dengan bahan yang juga berkhasiat meredakan keasaman lambung, seperti youghurt, wortel, dan bawang putih mentah.

6. Jahe
Ampuh redakan mual pada ibu hamil yang alami morning sickness, minum air jahe hangat juga ternyata efektif untuk turunkan asam lambung. Hal ini karena jahe dapat memberikan respon gastroprotektif, yang dapat mencegah peningkatan produksi asam lambung. Tak hanya itu, jahe juga dapat melawan bakteri Helicobacter pylori, yang hidup pada asam lambung dan dapat memperparahnya.

7. Kunyit
Kunyit merupakan bumbu dapur, yang bisa membantu masalah pada lambung yang diakibatkan kelebihan asam lambung. Caranya potong cincang kunyit lalu rebus bersama dengan 1,5 gelas air hingga mendidih. Lalu, saring airnya, dan tambahkan madu agar rasanya tidak hambar. Ramuan ini bisa dikonsumsi setiap pagi hari dan malam hari, lakukan secara rutin sampai asam lambung sembuh.

8. Lidah Buaya
Selain menyuburkan rambut, lidah buaya juga dapat menjadi obat alami untuk atasi asam lambung, lho. Ya, mengonsumsi lidah buaya dapat membantu meredakan peradangan pada lambung, yang merupakan salah satu pemicu naiknya asam lambung. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa memakannya langsung atau mengolahnya menjadi jus dan minumlah sebelum makan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 8 Obat Tradisional (Herbal) yang Ampuh Mengobati Asam Lambung

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment