materi kuliah biologi, biologi kesehatan, biologi sel, karakteristik mahluk hidup, klasifikasi mahluk hidup, plantae, animalia dan kerugian dan keuntungan biologi bagi kehidupan, manfaat, obat tradisional, herbal dan khasiat tanaman

Obat Herbal (Tradisional) yang Ampuh Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi merupakan penyakit yang sering terjadi ditengah masyarakat, sakit gigi menandakan adanya masalah pada gigi seseorang sehingga diharapkan rajin membersihkan gigi jika anda tidak mau merasakannya.

Sakit gigi biasanya merujuk kepada rasa sakit di sekitar gigi atau rahang terutama sebagai akibat dari kondisi gigi. Dalam banyak kasus, sakit gigi disebabkan oleh masalah gigi, seperti rongga gigi, gigi retak, suatu akar gigi terekspos, atau penyakit gusi. Namun, gangguan dari (bersama Temporo-mandibula) sendi rahang juga dapat menyebabkan sakit yang disebut sebagai "sakit gigi". Tingkat keparahan sakit gigi dapat berkisar dari ringan hingga kronis, tajam dan menyiksa. Rasa sakit dapat diperburuk oleh mengunyah atau dingin atau panas. Sebuah ujian lisan menyeluruh, yang mencakup gigi X-ray, dapat membantu menentukan apakah sakit gigi datang dari masalah gigi atau rahang dan penyebabnya.

Obat Herbal (Tradisional) yang Ampuh Mengobati Sakit Gigi
Sakit Gigi
Jika anda mengalami sakit gigi sebaiknya menghindari beberapa makanan dan minuman yang mampu menambah sakit gigi.

Pantangan Sakit Gigi
Makanan dan Minuman Panas
Makanan dan Minuman Dingin
Makanan dan Minuman Manis
Minuman Asam
Makanan Keras

Obat Herbal (Tradisional) yang Ampuh Mengobati Sakit Gigi

1. Minyak cengkeh
Tuangkan dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas lalu oleskan perlahan pada gigi Anda. Minyak cengkeh mengandung eugenol yang bekerja sebagai anastesi atau Pereda sakit alami pada sumber sakitnya dan juga dapat bekerja sebagai disinfektan pada area tersebut.

2. Daun Jambu Biji
Selain beberapa bahan di atas, daun jambu juga bisa Anda gunakan sebagai obat untuk sakit gigi alami. Dimana kandungan analgesik, anti radang dan anti mikrobanya mampu menghentikan rasa nyeri akibat gigi berlubang. Caranya, tumbuk daun jambu biji secukupnya. Kemudian tambahkan air dan rebus hingga mendidih. Diamkan hingga dingin kemudian gunakan dengan cara berkumur-kumur.

3. Berkumur Air Garam
Cara yang satu ini terbilang klasik, tetapi cukup efektif untuk sebagian kasus sakit gigi. Cara mengatasi sakit gigi dengan air garam cukup simpel. Pertama, larutkan satu sendok teh garam di air mendidih. Kemudian, berkumurlah selama kurang lebih 30 detik sebelum membuang air itu dari mulut. Awas, jangan sampai airnya tertelan.

Berkumur air garam mampu membersihkan daerah sekitar gigi dan menarik keluar cairan yang menyebabkan pembengkakan. Menariknya lagi, air garam juga bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang berada di sekitar gigi.

4. Jahe
Jahe yang dikenal sebagai obat tanaman keluarga ini ternyata juga efektif untuk menghentikan nyeri saat sakit gigi menyerang. Dimana kandungan antibiotiknya mampu membunuh kuman yang ada di dalam mulut terutama di bagian gigi berlubang. Caranya, Anda bisa menumpuk 1 siung jahe kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Tunggu beberapa menit hingga sakitnya hilang

5. Cuka Apel

Cuka apel untuk obat sakit gigi
Cuka apel untuk obat sakit gigi
Cuka apel atau cuka dapur juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat alami untuk sakit gigi berlubang. Dimana kandungan antimikrobal dan antibakteriannya mampu mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang. Anda bisa melarutkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam 1 gelas air. Kemudian gunakan dengan cara berkumur-kumur. Atau bisa juga dengan meneteskan cuka apel ke gulungan kapas kecil kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit hingga rasa sakitnya berkurang.

6. Lemon
Lemon ternyata tidak hanya baik untuk sistem imun saja. Keasaman buah ini dinilai cukup efektif untuk meredakan sakit gigi. Lemon kaya akan antiseptik dan antibakteri. Cara menggunakan lemon untuk meredakan sakit gigi sederhana kok.

Perasan Lemon Untuk Obat Sakit Gigi
Perasan Lemon Untuk Obat Sakit Gigi
Peraslah lemon dan biarkan tetesannya menyentuh bagian gigi yang terasa sakit. Bisa pula mencampurkan sedikit perasan buah lemon dengan sedikit air dan gunakan kapas, lalu aplikasikan pada gigi yang sakit.

7. Es Batu
Masukkan satu atau dua es batu dalam kantung plastik, lapisi dengan kain tipis, lalu tempelkan pada pipi Anda di atas gigi yang sakit, lakukan selama 15 menit untuk membuat saraf kebas.

8. Teh peppermint
Kantong teh peppermint juga dipercaya bisa membantu meredakan rasa nyeri dan mengurangi rasa tidak nyaman pada gusi yang meradang. Untuk mengaplikasikannya, tunggu kantong teh peppermint hingga tidak terlalu panas namun masih terasa hangat.

teh peppermint untuk obat sakit gigi
teh peppermint untuk obat sakit gigi
Jika ingin mencoba metode lain, coba dinginkan kantong teh di freezer selama beberapa menit. Setelah itu, tempelkan pada gigi yang sakit.

9. Ekstrak vanila
Kandungan alkohol yang ada pada ekstrak vanila, membuatnya dipercaya dapat menjadi obat sakit gigi alami. Caranya adalah dengan menempelkan sedikit ekstrak vanila ke jari atau kapas. Kemudian, tempelkan ke area yang terasa sakit selama beberapa kali setiap harinya.

10. Penghilang rasa sakit: Jika rasa sakit tak tertahankan lagi, Anda selalu bisa meminum analgesik seperti parasetamol dan ibuprofen.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Obat Herbal (Tradisional) yang Ampuh Mengobati Sakit Gigi

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment