materi kuliah biologi, biologi kesehatan, biologi sel, karakteristik mahluk hidup, klasifikasi mahluk hidup, plantae, animalia dan kerugian dan keuntungan biologi bagi kehidupan

Friday, 13 January 2017

Pengertian dan Macam-macam Jaringan pada Hewan

Pengertian dan Macam-macam Jaringan pada Hewan, Tubuh hewan tersusun atas banyak sel yang pada tempat tertentu sel-sel itu membentuk jaringan, Contoh jaringan pada hewan adalah jaringan epitelium, jaringan otot, dan jaringan tulang. Jaringan berkelompok bekerja bersama melaksanakan fungsi tertentu membentuk suatu organ, misalnya organ jantung dan hati. Beberapa jaringan organ bekerja bersama melaksanakan fungsi tertentu membentuk sitem organ, misalnya sistem pencernaan, sistem transportasi, sistem  dan sistem reproduksi. Jaringan, organ, dan sistem organ bersama - sama membentuk tubuh organisme.


Pengertian dan Macam-macam Jaringan pada Hewan
Pengertian dan Macam-macam Jaringan pada Hewan

Macam jaringan, organ dan sistem organ pada setiap organisme tidak selalu sama, tergantung pada tingkatan organisme itu. Pada organisme tingkat rendah, sperti protozoa, tubuhnya hanya terdiri dari satu sel. Jadi, protozoa tidak memiliki jaringan, organ, dan sistem organ. Semakin tinggi tingkatan organisme itu, semakin kompleks struktur penyusun tubuhnya.

Meskipun struktur tubuh organisme berbeda-beda, umumnya berasal dari bentuk yang hamper sama, Tubuh organisme tinggkat tinggi misalnya, mula - mula berasal dari suatu sel zigot, Sel zigot membelah secara mitosis berkali - kali menghasilkan banyak sel. Sel-sel itu mengalami diferensiasi dan spesialisasi membentuk jaringan, organ dan sstem organ. Berdiferensiasi adalah proses perubahan bentuk sel. Spesialisasi adalah proses perubahanfungsi sel. Melalui diferensiasi dan spesialisasi akan tersusun tubuh organisme.

Semua kehidupan ditandai dengan tingkat organisasi yang berhirarki. Sel menempati tempat khusus dalam hirarki kehidupan karena merupakan tingkat organisasi terendah dalam kehidupan yang mampu hidup mandiri sebagai suatu organisme. Organisme multiseluler yang memiliki sel-sel khusus dan mampu membentuk jaringan yang merupakan tingkat struktur dan fungsi yang lebih tinggi. Pada sebagian hewan, kombinasi berbagai jaringan membentuk unit fungsional yang disebut organ, dan kumpulan organ yang bekerja bersamsa-sama membentuk sistem organ.

A.    Pengertian jaringan hewan
Jaringan adalah kumpulan sel-sel dengan struktur dan fungsi yang sama. Jenis jaringan yang berbeda memilki struktur berbeda yang sesuai dengan fungsinya. Suatu jaringan disatukan oleh suatu matriks ekstrakuler lengket yang melapisi sel-sel itu atau menenun mereka bersama-sama menjadi suatu anyaman serat. Sesungguhnya, istilah jaringan (tissue) berasal dari bahasa Latin berarti “ Tenunan “.

Organ merupakan kumpulan berbagai jaringan (tidak selalu sama) yang bersatu membentuk suatu material struktural dan fungsional tertentu. Sistem organ adalah kelompok berbagai organ yang saling berinteraksi dan bekerja sama dan membentuk sebuah fungsi yang kompleks untuk kehidupan makhluk hidup. Jaringan pembentuk organ atau vertebrat dapat dikelompokan ke dalam empat kategori utama berdasarkan fungsi, yaitu  :  jaringan epithelium, jaringan ikat, jaringan saraf, dan jaringan otot. Keempat jaringan tersebut ditemukan pada semua  hewan  kecuali hewan yang paling sederhana.

B. Macam-macan struktur dan fungsi jaringan hewan
2.   Jaringanikat

Klik Masing-masing judul di atas untuk mengetahui lebih lanjut


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian dan Macam-macam Jaringan pada Hewan

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Loading...
Loading...